Kamis, 28 Juni 2012

Kamis, 21 Juni 2012

Rabu, 20 Juni 2012

PENGUMUMAN

4 kordinator kelas mengirim ke dosen pengampu via e-mail diluar itu tidak diterima
5. kordinator hanya sekali kirim. pengiriman yang pertama yang diterima
termakasih


Pengumuman di atas untuk mempertegas bagi mahasiswa S1 Etika Bisnis yang mengirim jawaban tidak melalui kordinator kelas. Selain itu juga bagi mahasiswa yang terlambat mengirim meskipun melalui kordinator kelas
Lihat dan baca perintah di Soal Latihan

Jumat, 15 Juni 2012

PENGUMUMAN LATIHAN SOAL ETIKA BISNIS

http://www.ziddu.com/download/19670177/SOALLATIHANETIKABISNIS.docx.html

1. Jawaban Soal dikumpulkan besok paling lambat jam 12 siang
2. Lembar jawaban paling sedikit 5 halaman
3. kirimkan jawaban saudara ke kordinator kelas masing-masing
4. kordinator kelas mengirim ke dosen pengampu via e-mail diluar itu tidak diterima
5. kordinator hanya sekali kirim. pengiriman yang pertama yang diterima
termakasih

1. a. Apa yang dimaksud dengan etika?
b. Sebutkan dan jelaskan  5 dimensi persoalan etika dalam SDM!
c. Jelaskan Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perilaku etis?
2.a. Sebutkan dan jelaskan 2 karakteristik yang berkaitan dengan etika.
b. Jelaskan apa sajakah yang dapat membangun etos kerja karyawan ?
c. Sebutkan dan jelaskan  Ciri Ciri individu yang memiliki etos kerja rendah ?
3.a. Sebutkan dan jelaskan  hak dan kewajiban karyawan?
b. Etika bisnis dapat di lihat dari berbagai perspektif. Jelaskan dan manakah yang paling cocok dengan budaya kita?
c. Jelaskan tanggung jawab persusahaan terhadap stakeholder internal maupun stakeholder eksternal?
4.a. Sebutkan siapa saja stakeholder internal. Demikian juga dengan stakeholder eksternal?
b. Dalam tugas kelompok Saudara terkait dengan praktek etika bisnis apa yang menjadi permasalahan nya? Apa pula solusi yang Sdr berikan?
c. Analisislah dari aspek etika tentang pelanggaran hak cipta, showbusiness.  



Selasa, 12 Juni 2012

ALAMAT LATIHAN SOAL MSDM S1 2012

http://www.ziddu.com/download/19647791/SOALMSDMS12012.docx.html

LATIHAN SOAL MSDM S1 2012

1. Jawaban dikirim ke  e-mail kordinator kelas masing-masing selanjutnya kordinator kelas mengirim ke e-mail endangsitiastuti@gmail.com 1 hari sebelum jadwal UAS
2. Dosen pengampu hanya menerima dari e-mail kordinator kelas
3. Kordinator kelas mengirim hanya satu kali selanjutnya tidak akan di proses

5. terimakasih

LATIHAN SOAL MSDM S1 2012
1.a. Kebutuhan manusia antara satu dengan yang lain jelas berbeda tergantung dari level masing masing individu. Jelaskan hirarchi kebutuhan manusia menurut A.H. Maslow.
b. Jelaskan pula teori Motivasi menurut Herzberg serta Alderfer.
c. Buatlah komparasi dari ketiga teori tersebut dan jelaskan
d. Banyak cara untuk memotivasi karyawan. Sebukan minimal 5 cara memberikan motivasi kepada karyawan

2.a. Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia, ada perbedaan secara makro dan mikro.  Sebutkan perbedaan Pengembangan Sumber Daya Manusia tersebut
b. Organisasi selalu memperhatikan SDM yang dimilikinya maka SDM tidak boleh statis namun harus terus dikembangkan. Sebutkan dan Jelaskan apa tujuan pengembangan SDM ?
c. Agar organisasi dapat mewujudkan tujuannya dengan baik maka diperlukan pengembangan berbagai aspek termasuk pengembangan SDM. Sebutkan berbagai hal yang perlu dikembangkan terhadap SDM yang dimiliki organisasi ?
d. Jelaskan apakah pengembangan SDM berbeda dengan pelatihan SDM?   Apa saja jenis dari pelatihan ? Sebutkan tiga hal/jenis yang menjadi tujuan pelatihan yang dapat ditetapkan ?
3.a. Konsep atau pandangan terhadap peran/posisi SDM dalam suatu organisasi berkembang dari masa ke masa. Jelaskan apa pengertian dari statement tersebut
b. Pengelolaan MSDM memang sangat kompleks seiring dengan klemajuan jaman. Sebutkan tahapan proses-proses yang dilalui dalam pengeloilaan SDM
c.  Apa yang dimaksud dengan pengangkatan karyawan ? dan Sebutkan jenis-jenis pengangkatan meliputi apa saja?
d. Sebutkan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pilihan karir? Jelaskan pula langkah-langkah yang diambil untuk membantu karyawan mengaktualisasikan diri.
4.a. Teknologi berkembang semakin maju dan canggih. kita semua sekarang berada di era informasi ekonomi. Namun secanggih apapun kemajuan teknologi, SDM tetap harus dikelola dengan baik. Setujukan Saudara. Jelaskan mengapa demikian ?
b. Sebutkan 5 hal yang harus selalu diingat oleh pengusaha saat menggunakan situs internet untuk mendapatkan calon karyawan?
c. Apa yang dimaksud dengan EEO itu ? Mengapa seorang manajer harus paham tentang itu?
d. Apa saja sasaran dalam kesetaraan kesempatan pekerja? Apa yang dimaksud dengan tindakan menyetujui? Sebutkan Undang undang yang melarang diskrimanasi ?


5.a. Jelaskan mengapa penting untuk menilai prestasi kerja / kinerja? Sebutkan delapan metode penilaian kinerja dan jelaskan pro dan kontra terhadap masing-masing metode?
b. Sebutkan dan Jelaskan faktor-faktor yang digunakan untuk mengukur pretasi/kinerja individu. Dan Jelaskan pula faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja individu.
c. Bagaimana pengaruh Penilaian Kerja terhadap keadilan Penggajian? penggajian seperti apakah yang adil sehingga moral dan semangat kerja karyawan semakin meningkat?
d.  Apa pengaruhnya bila Penilaian Kerja tidak ada di suatu organisasi, baik dari sisi semangat kerja karyawan maupun produktifitas organisasi?


6.  a. Jelaskan apa yang dimaksud dengan kompensasi finansial dan non finansial? Mengapa keduanya penting untuk diperhatikan oleh perusahaan?
b.  Mengapa gaji, upah dan Insentif penting bagi Perusahaan ? Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi tarif upah?
c. Sistem kompensasi apa yang diberikan perusahaan pada karyawannya ? Apa tujuan dari pengelolaan sistem kompensasi yang efektif ? Apa hubungan sistem tersebut dengan evaluasi jabatan?
d. Apa perbedaan antara upah dan gaji, serta tunjangan?. Sebutkan dan jelaskan prinsip-prinsip  dasar penggajian


7.a. Apa yang dimaksud dengan Kesehatan, Keslamatan Dan Keamanan Kerja? Mengapa penting bagi perusahaan dan karyawan?
b. Menejemen keselamatan yang efektif mengharuskan pengintegrasan dari 3 pendekatan berbeda. Sebutkan
c. Apa yang dimaksud dengan OSHA dan bagaimana mengoperasikannya
d. Jelaskan dan meliputi apa sajakah kondisi kerja itu? Apa saja yang menyebabkan kecelakaan, bagaimana mencegahnya.

PENGUMUMAN PENGIRIMAN JAWABAN SIM

1. Jawaban Soal Latihan SIM S1 2012, dikumpulkan 1 hari sebelum jadwal ujian dilaksanakan, melalui email kordinator kelas. kordinator kelas hanya 1 kali kirim ke e-mail dosen pengampu.

2. Tidak menerima kiriman berikutnya

3. terima kasih

SOAL LATIHAN SIM S1 2012

http://www.ziddu.com/download/19645032/SoalSistemInformasiManajemen.docx.html


Soal Sistem Informasi Manajemen.
1.a. Dalam mengembangkan sistem informasi tantangan yang dihadapi adalah masalah budaya dan komunikasi. Jelaskan mengapa demikian dan bagaimana cara untuk mengatasinya?
b. Sebutkan dan jelaskan empat dimensi informasi yang harus dipertimbangkan oleh seorang manajer
c. Jelaskan mengapa mengelola sumberdaya Informasi (SDI) merupakan New World  bagi pekerjaan dalam organisasi. Sebutkan siapa yang mengelola SDI. Sebutkan pula SDI itu terdiri dari apa saja?
d.  Jelaskan mengapa informasi yang dihasilkan oleh pengolah informasi sebaiknya bebas dari kesalahan
2.a. Jelaskan, bagaimana rumah sakit menggunakan e-coomerce untuk management supply chain nya.
b. Jika Saudara sebagai seorang pemilik usah, manakah yang Anda prioritaskan B2B lebih dulu ataukah B2C yang didahulukan?Jelaskan alasan Anda mengapa memilih nya
c. Jika Saudara sebagai pemilik usaha apakah saudara akan menjual produk perusahaan di tempat berjualan fisik ataukah di situs web ataukah kedua-duanya. Jelaskan alasan mengapa saudara memilihnya
d. Jelaskan apa yang dimaksud dengan vendor stock replenishment.
3.a. Jelaskan perbedaan antara pengetahuan dan keahlian?
b. Jelaskan perbedaan pengetahuan dan keahlian yang dipersyaratkan untuk manajemen umum dan spesialis informasi.
c. Menurut Saudara seorang chief Information Officer sebaiknya dari sarjana administrasi bisnis ataukah dari spesialis informasi. Jelaskan argument Anda
d. Jelaskan, mungkinkah seorang karyawan mengerjakan telecommuting dan hoteling di waktu yang bersamaan?
4.a. Jelaskan peran steering committe dalam proyek pengembangan sistem. Sebutkan siapa saja sebagai anggota steering committe
b. Jelaskan 5 tahapan dalam SDLC
c. Apa perbedaan  SLC dan SDLC
d. Simbol apa saja yang digunakan dalam data flow diagram (DFD). Tunjukkan yangmana yang simbol untuk diagram contect
5.a. Apa yang dimaksud dengan data warehouse  dan data base. Identifikan perbedaannya dan Jelaskan
b. Jelaskan mengapa perusahaan harus menangkap, mengumpulkan dan menyimpan data pelanggan yang begitu besar?
c. Jelaskan Apa itu OLAP, ROLAP dan MOLAP. Apakah Manajer menyukai nya?
d. Jelaskan apa itu data mining. Bagaimana perannya dalam pengelolaan informasi?
6.a. Menurut H.A. Simon dalam penyelesaian masalah dengan 4 tahapan. Sebutkan dan jelaskan tahapan tersebut.
b. Jelaskan apa yang dimaksud dengan penstrukturan masalah. jelaskan pula apa hubungannya dengan jenis keputusan menurut Gorry dan Scott Morton
c. Jelaskan apa perbedaan DSS dan GDSS
d. Sebut dan jelaskan 3 pendekatan pemilihan alternatif menurut Mintzberg
selamat mengerjakan