2. Dosen pengampu hanya menerima dari e-mail kordinator kelas
3. Kordinator kelas mengirim hanya satu kali selanjutnya tidak akan di proses
5. terimakasih
LATIHAN SOAL MSDM S1 2012
1.a. Kebutuhan manusia antara satu dengan
yang lain jelas berbeda tergantung dari level masing masing individu. Jelaskan
hirarchi kebutuhan manusia menurut A.H. Maslow.
b. Jelaskan pula teori Motivasi menurut Herzberg serta Alderfer.
c. Buatlah komparasi dari ketiga teori tersebut dan jelaskan
d. Banyak cara untuk memotivasi karyawan. Sebukan minimal
5 cara memberikan motivasi kepada karyawan
2.a. Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia,
ada perbedaan secara makro dan mikro. Sebutkan
perbedaan Pengembangan Sumber Daya Manusia tersebut
b. Organisasi selalu memperhatikan SDM yang dimilikinya maka SDM tidak
boleh statis namun harus terus dikembangkan. Sebutkan dan Jelaskan apa tujuan
pengembangan SDM ?
c. Agar organisasi dapat mewujudkan tujuannya dengan baik maka diperlukan
pengembangan berbagai aspek termasuk pengembangan SDM. Sebutkan berbagai hal
yang perlu dikembangkan terhadap SDM yang dimiliki organisasi ?
d. Jelaskan apakah pengembangan SDM berbeda dengan pelatihan SDM?
Apa saja jenis dari pelatihan ? Sebutkan tiga hal/jenis yang menjadi tujuan
pelatihan yang dapat ditetapkan ?
3.a. Konsep atau pandangan terhadap peran/posisi SDM dalam suatu organisasi
berkembang dari masa ke masa. Jelaskan apa pengertian dari statement tersebut
b. Pengelolaan MSDM memang sangat kompleks seiring dengan klemajuan jaman. Sebutkan
tahapan proses-proses yang dilalui dalam pengeloilaan SDM
c. Apa yang dimaksud dengan pengangkatan
karyawan ? dan Sebutkan jenis-jenis pengangkatan meliputi apa saja?d. Sebutkan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pilihan karir? Jelaskan pula langkah-langkah yang diambil untuk membantu karyawan mengaktualisasikan diri.
4.a. Teknologi berkembang semakin maju dan canggih. kita semua sekarang
berada di era informasi ekonomi. Namun secanggih apapun kemajuan teknologi, SDM
tetap harus dikelola dengan baik. Setujukan Saudara. Jelaskan mengapa demikian
?
b. Sebutkan 5 hal yang harus
selalu diingat oleh pengusaha saat menggunakan situs internet untuk mendapatkan
calon karyawan?
c. Apa yang dimaksud dengan EEO itu ? Mengapa seorang manajer harus paham
tentang itu?d. Apa saja sasaran dalam kesetaraan kesempatan pekerja? Apa yang dimaksud dengan tindakan menyetujui? Sebutkan Undang undang yang melarang diskrimanasi ?
5.a. Jelaskan mengapa penting untuk menilai prestasi kerja / kinerja? Sebutkan delapan metode penilaian kinerja dan jelaskan pro dan kontra terhadap masing-masing metode?
b. Sebutkan dan Jelaskan faktor-faktor yang digunakan untuk mengukur pretasi/kinerja individu. Dan Jelaskan pula faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja individu.
c. Bagaimana pengaruh Penilaian Kerja terhadap
keadilan Penggajian? penggajian seperti apakah yang adil sehingga moral dan
semangat kerja karyawan semakin meningkat?
d. Apa pengaruhnya bila Penilaian
Kerja tidak ada di suatu organisasi, baik dari sisi semangat kerja karyawan
maupun produktifitas organisasi?
6. a. Jelaskan
apa yang dimaksud dengan kompensasi finansial dan non finansial? Mengapa
keduanya penting untuk diperhatikan oleh perusahaan?
b. Mengapa gaji, upah dan Insentif
penting bagi Perusahaan ? Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi tarif upah?c. Sistem kompensasi apa yang diberikan perusahaan pada karyawannya ? Apa tujuan dari pengelolaan sistem kompensasi yang efektif ? Apa hubungan sistem tersebut dengan evaluasi jabatan?
d. Apa perbedaan antara upah dan gaji, serta tunjangan?. Sebutkan dan jelaskan prinsip-prinsip dasar penggajian
7.a. Apa yang dimaksud dengan Kesehatan, Keslamatan Dan Keamanan Kerja? Mengapa penting bagi perusahaan dan karyawan?
b. Menejemen keselamatan yang efektif mengharuskan pengintegrasan dari 3 pendekatan berbeda. Sebutkan
c. Apa yang dimaksud dengan OSHA dan bagaimana mengoperasikannya
d. Jelaskan dan meliputi apa sajakah kondisi kerja itu? Apa saja yang menyebabkan kecelakaan, bagaimana mencegahnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar